selamat datang

selamat datang di blog titin.. semoga bermanfaat ya..

Rabu, 21 November 2012

psikologi warna biru & kuning

oke teman-teman..selamat malam menjelang pagi.. saya akan lanjutkan postingan saya mengenai psikologi warna, dan sekarang yang akan kita bahas adalah warna biru dan kuning..
info yang ditulis ini saya dapatkan dari kompasiana.com dan beberapa alamat terkait yang dapat mendukung tulisan ini..



kesan positif yang akan terpancar dari warna biru adalah kecerdasan, komunikasi, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, logika, kesejukan, refleksi, sensitif, dan tenaaang...
selain kesan positif, terdapat juga kesan negatif yang terpancar dari warna biru yaitu dingin, acuh tak acuh, kurang emosi, dan masam..
biru merupakan warna pikiran dan pada dasarnya bersifat menenangkan.  Hal tersebut dapat mempengaruhi kita secara mental.  Biru yang yang kuat akan merangsang pemikiran yang jernih dan ringan, biru lembut akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi.  Akibatnya adalah perasaan dan mental yang menjadi tenang.  Biru dapat dikatakan sebagai warna komunikasi yang jelas.  Benda dengan warna biru tidak mencolok dan tidak langsung mencuri perhatian seperti warna merah.  Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa biru adalah warna favorit dunia tetapi memiliki kesan yang dingin dan tidak ramah.

karena biru adalah warna langit, warna ini memiliki arti stabil.  Meskipun langit terlihat kelabu dan akan turun hujan, dibalik warna itu kita tetap yakin bahwa langit tetaplah biru.
Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam sedangkan biru muda digunakan untuk acara yang nonformal.  Untuk memberikan kesan humor dan kreatifitas, cobalah untuk mencampurkan warna biru dan ungu (menurut Eisman).




Warna kuning terkesan ceria dan sangat cerah, namun dibalik itu dapat menunjukkan perasaan ketakutan, kecemasan, kerapuhan, dan emosional depresi.
Panjang gelombang warna kuning relatif lama dan pada dasarnya merangsang.  Warna kuning dapat merangsang stimulus emosional, sehingga kuning adalah warna terkuat dalam psikologis.
Warna kuning yang tepat akan mengangkat jiwa kita dan harga diri kita karena warna kuning adalah warna kepercayaan diri dan optimisme.
Terlalu banyak warna kuning atay nada yang salah dalam hubungan dengan nada lain dalam skema warna, dapat menyebabkan harga diri yang menjadi menurun sehingga menimbulkann ketakutan dan kecemasan.

Warna kuning dapat meningkatkan konsentrasi dan karena itulah warna kuning digunakan pada kertas legal atau post it.  Kuning juga merupakan warna persahabatan.  Jadi kita bisa menebak apa maksud dari seseorang yang memberikan sesuatu yang berwarna kuning kepada kita.  Beberapa orang tidak percaya diri untuk memakai pakaian berwarna kuning karena terkesan mencolok.  Padahal warna kuning hadir dalam beberapa variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah.  Bila tak nyaman dengan busana berwarna kuning, padankan dengan sesuatu yang disukai, seperti tas dengan corak bunga-bunga warna kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar