selamat datang

selamat datang di blog titin.. semoga bermanfaat ya..

Jumat, 23 November 2012

psikologi warna orange, pink, & hitam

Psikologi warna kali berlanjut untuk warna orange, pink, dan hitam.  Mari disimak bagaimana sisi positif, negatif, dan kapan baiknya untuk memakai warna ini...



Sisi positif yang dapat terpancar dari warna orane atau yang biasa disebut kuning genteng oleh orang Indonesia ini adalah kenyamanan fisik, makanan, kehangatan, keamanan, sensualitas, gairah, kelimpahan, dan menyenangkan.  Sedangkan sisi negatif yang dapat ditimbulkan oleh warna ini adalah perampasan, frustasi, kesemberonoan, dan ketidak dewasaan.
Warna orange merupakan kombinasi dari warna merah dan kuning sehingga sifatnya merangsang, hal itu karena kombinasi dari fisik dan emosional.  Warna ini memfokuskan pikiran kita pada topik-topik dan isu-isu tentang kenyamanan fisik-makanan, kehangatan, penampungan, dan sensualitas.  Warna ini merupakan warna yang menyenangkan karena keceriaan yang ditimbulkan dari kecerahannya.
Secara fisik, mungkin warna ini fokus pada kebalikan-kekurangan.  Hal tersebut dapat dilihat dengan menyatukan warna orange dengan warna hitam.  namun jika terlalu banyak menggunakan warna orange dapat memberikan kesan kesemberonoan dan kurangnya nilai-nilai intelektual.




Sisi positif dari warna pink atau merah muda adalah ketenangan fisik, kehangatan, kewanitaan, memelihara, cinta, seksualitas, dan simbol kelangsungan hidup manusia.  Sisi negatif dari warna pink adalah inhibisi dan kelemahan fisik.
Warna pink adalah warna yang paling banyak disukai banyak wanita karena menyiratkan sesuatu yang lembut dan menenangkan namun kurang bersemangat dan membuat energi menjadi lemah.  Selain warna merah, warna merah muda atau pink ini juga mempengaruhi kita secara fisik, tapi menenangkan, bukan merangsang.  Secara psikologi, pink adalah warna yang kuat dalam prinsip feminin dan merupakan simbol kewanitaan.
Menurut Eisman, bila ingin memberikan kesan yang lebih sensual, jangan gunakan warna ini.  Warna pink yang lembut sangat cocok untuk acara kencan yang romantis, bukan menggairahkan.




Sisi positifnya warna hitam dapat menunjukkan kecanggihan, glamor, keamanan, keselamatan emosional, efisiensi, dan substansi.  Sisi negatifnya dapat menunjukkan  penindasan, sifat yang dingin, dan ancaman berat.
Hitam adalah semua warna, benar-benar diserap dan memiliki implikasi psikologis yang cukup besar.  Warna ini dapat menciptakan hambatan pelindung karena dapat menyerap semua energi yang datang ke arah anda.  Hitam pada dasarnya adalah ketiadaan cahaya karena tidak ada dalam panjang gelombang cermin, oleh karena itu bisa jadi mengancam; banyak orang yang takut pada gelap.  Secara positif, ia mengkomunikasikan kejelasan mutlak tanpa nuansa halus.  Ini menunjukkan keunggulan, kecanggihan, dan tak kenal kompromi.  Warna ini bekerja sama sangat baik dengan warna putih.  Warna hitam memiliki reputasi buruk yang biasanya digunakan oleh para penjahat dalam film dan komik.  Hitam juga menggambarkan suasana duka dan murung, tetapi hitam juga memiliki sisi lain misalnya untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.
Warna hitam sangat mudah untuk dipadukan dengan aksesoris ataupun busana dengan warna lain.  Jika kita khawatir akan memakai gaun dengan warna yang sama di dalam suatu pesta, tambahkan lah sedikit keceriaan seperti perona mata cerah, kalung bebatuan, cat kuku berwarna merah, atau stiletto warna silver.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar